Selasa, 18 Juli 2017

3 Cara Mengetahui Jenis atau Model Motherboard Komputer

Ada beberapa cara mengetahui jenis atau model motherboard pada perangkat komputer yang anda gunakan. Apakah harus seorang pengguna komputer mengetahui model motherboard yang digunakannya ? Jika anda seorang ahli komputer tentunya hal tersebut sesuatu yang lazim untuk di ketahui. Namun bagi anda yang tahunya hanya menggunakan ada baiknya mengetahu tipe motherboard yang dipakai. Hal ini tentunya untuk menentukan perangkat keras (hadware) pendukung lainnya yang cocok pada motherboard tersebut.

3 Cara Mengetahui Jenis atau Model Motherboard Komputer
Cara untuk mengetahui jenis motherboard bisa dilakukan secara manual, tanpa sofware dengan sistem operasi menggunakan perintah cmd (command prompt) (image by gigabyte)

Selain itu dengan mengetahui tipe motherboard tersebut akan memudahkan anda untuk mencari driver berdasarkan merek motherboard tersebut. Driver sendiri berfungsi untuk menjalankan semua fitur yang terdapat dalam papan board yang biasa disebut motherboard/mainboard. Tanpa driver motherboard tidak akan berjalan dengan semestinya.

Cara Mengetahui Jenis atau Model Motherboard

Cara untuk mengetahui jenis motherboard bisa dilakukan secara manual, tanpa sofware dengan sistem operasi menggunakan perintah cmd (command prompt) atau menggunakan bantuan sofware pihak ketiga yang khusus mengetahui model motherboard komputer anda.

Cara Manual Mengetahui Jenis Motherboard

Jika anda ingin mengetahui tipe motherboard dengan cara manual cukup buka penutup komputer. Pada setiap papan board pasti terdapat merk dan jenis motherboard tersebut. Catat menggunakan stiker dan tempelkan pada body casing agar anda tidak lupa ketika diperlukan.

Cara Mengetahui Tipe Motherboard Tanpa Sofware

Cara mengetahui tipe motherboard selanjutnya adalah menggunakan perintah cmd dengan hak administrator sebagai berikut :
  • Masuk mode cmd dengan cara tekan windows+R (run)
  • Pada kotak kolom run ketik cmd
  • Kemudian ketik kode ini tanpa tanda petik "wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber"
  • Selanjutnya akan muncul keterangan tentang tipe motherboard yang anda gunakan.

Cara Mengetahui Jenis Motherboard Menggunakan Sofware

Jika anda ingin mengetahui jenis motherboard menggunakan bantuan sofware sebaiknya mencari sofware yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi semua perangkat yang terdapat dalam komputer anda. Anda bisa menggunakan sofware Speccy atau anda bisa mendownload program aplikasi bawaan dari jenis motherboard tersebut. Misalnya anda menggunakan merk Gigabyte maka kunjungi halaman website mereka dan tools untuk mendeteksi jenis atau tipe motherboard komputer anda.
Fungsi dan Jenis Motherboard Komputer
Dengan anda mengenali perangkat keras (hadware) komputer yang anda gunakan maka ketika anda kehilangan driver akan mudah untuk mencari dan mendownloadnya. Selain itu ketika anda akan menambah kapasitas memori misalnya anda bisa langsung mengetahui jenis memori apa saja yang support dengan mainboard tersebut. Semoga Membantu


EmoticonEmoticon