Senin, 17 Juli 2017

Cara Memilih Hardisk Terbaik dan Berkualitas

Tags

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan membeli hardisk untuk kebutuhan penyimpanan data anda baik hardisk internal maupun eksternal. Hardisk yang terbaik tentunya mempunyai mutu dan kualitas yang baik. Sebagai bahan rekomendasi buat anda pada artikel kali ini admin blog galeri cara akan memberikan beberapa tips khusus bagaimana seharusnya dan apa saja yang diperlu diperhatikan sebelum membeli hardisk.

Cara Memilih Hardisk Terbaik dan Berkualitas
Menentukan Hardisk Terbaik dan Berkualitas Sebelum Membeli 

Hardisk sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan data. Tipe hardisk sendiri ada beberapa tipe seperti hardisk internal dan eksternal. Pengertian hardisk internal adalah hardisk yang digunakan didalam komputer sebagai bagian dari perangkat keras dari sebuah unit komputer. Sedangkan pengertian hardisk eksternal adalah sebuah hardisk yang digunakan ketika dibutuhkan saja dan bisa dibawa kemana-mana seperti media penyimpanan flashdisk. Namun flashdisk kapasitas ruangnya tidak begitu besar dibandingkan hardisk internal.

Tips Memilih Hardisk Komputer

Tips ini sebagai rekomendasi bagaimana cara memilih hardisk komputer yang mempunyai kualitas baik dan memiliki kualitas serta daya tahan yang handal.

1. Menentukan Merek Hardisk

  • Pilihlah merek hardisk yang terkenal seperti seagate yang telah dijamin kehandalan dan kualitasnya. Anda bisa melakukan googling terlebih dahulu merek hardisk yang terkenal dengan daya tahannya.

2. Penggunaan Sistem


Apakah anda menggunakan sistem operasi windows atau OS X ? jangan salah memilih hardisk karena walaupun OS X bisa mendeteksi hardisk yang menggunakan format NTFS namun sistem operasi tersebut tidak bisa digunakan untuk menulis dan membaca. Namun jika anda menggunakan sistem operasi windows sudah barang tentu penjual akan memberikan hardisk yang biasa digunakan oleh operasi sistem windows.

3. Kapasitas Ruang

Ini yang harus anda cermati sebelum membeli hardisk, adalah kapasitas ruang yang anda perlukan. Pada perkembangan jaman sekarang minimal anda harus menggunakan hardisk yang mempunyai kapasitas 1 terabyte. Namun jika itu belum cukup anda bisa yang menggunakan 2 terabyte. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. Kecepatan Rotasi Putaran

Biasanya ketika anda membeli hardisk dibalik hardisk terdapat keterangan dari spesifikasi hardisk tersebut. Biasanya hardisk yang berkualitas memiliki kecepatan putaran sebesar 7200 rpm. Namun saat ini terdapat hardisk yang sampai denga 10.000 rpm. Jangan gunakan yang 5400 rpm karena itu model lama dan sudah jadul.

5. Garansi

  • Ini sangat penting untuk menentukan apakah hardisk ini mempunyai pelayanan yang baik pada konsumen seperti memberikan garansi. Pilihlah yang memberikan garansi maksimal agar menjadi jaminan bahwa memang hardisk tersebut jaminan mutu.

6. Konektifitas

  • Jika anda membeli hardisk eksternal sekarang jamannya USB 3.0. Hardisk yang support USB versi 3.0 lebih memiliki kecepatan transfer data sampai 5 gbps sedangkan versi usb 2.0 hanya 480 mbps. Wow sangat jauh bukan perbedaannya.

7. Pelindung Hardisk

  • Biasanya hardisk yang mempunyai kualitas baik akan diberikan pelindung sebagai bonus, jika tidak anda carilah pelindung yang benar-benar bisa melindungi hardisk anda dari benturan atau ketika terjatuh.

8. Fitur dan Harga

  • Pada jenis hardisk yang terbaik tentunya sudah memiliki fitur pengamanan seperti pasword dan auto backup. Dari segi harga sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong anda.
Baca juga : Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Itulah beberapa kriteria hardisk yang baik dan berkualitas. Tentunya kembali kepada anda jika anda rawat dengan baik hardisk yang bisa dibilang murah pun bisa menjadi awet. Seperti rumah yang tidak ada penghuninya jika tidak diurus akan rusak dengan sendirinya.


EmoticonEmoticon