Rabu, 19 Juli 2017

Cara Baru Memperkecil Icon di Dekstop Komputer

Pengertian icon adalah suatu logo atau simbol yang menjadi ciri khas suatu program komputer yang didesain khusus untuk antar muka grafik dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Gambar icon sendiri biasa anda lihat pada dekstop komputer atau di windows explorer. Jenis extension untuk gambar icon sendiri berjenis "ico". Icon bawaan program juga bisa anda ganti asalkan mempunyai jenis file "ico".

Terkadang pengguna komputer ingin sesuatu yang baru pada icon dekstop komputer seperti memperkecil ukuran icon tersebut supaya layar monitor lebih memiliki tampilan yang luas dan tidak terlihat penuh ketika dilihat.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk memperkecil ukuran icon khususnya pada sistem operasi windows 7. Sebelum anda merubah icon dekstop menjadi kecil pastikan driver VGA sudah terinstal sesuai merk yang anda gunakan. Misalnya anda menggunakan VGA merk gforce maka pada menu device manager terdapat merek vga tersebut. Untuk melihat jenis VGA yang anda gunakan melalu Mycomputer, Klik kanan Properties kemudian klik pada Display Adapter.

Baca juga : Pengertian dan Jenis VGA Komputer

Jika terdapat tanda seru pada Display adapter artinya anda masih menggunakan driver bawaan dari sistem operasi windows. Sebaiknya anda pastikan jenis VGA anda kemudian cari drivernya dan lakukan instalasi driver.

Merubah Icon Dekstop di Dekstop Komputer

Jika anda sudah pastikan bahwa drivers sudah terinstal maka saatnya anda membuat pengaturan untuk membuat icon menjadi kecil. Berikut caranya :

Cara Baru Memperkecil Icon di Dekstop Komputer

  1. Masuk ke Control panel cari Taskbar and Star Menu (atau dengan cara klik kanan pada bar bagian bawah klik propertis)
  2. Kemudian ceklis Use Small Icon dan Apply. Selesai
Setelah apply maka anda akan melihat icon anda menjadi lebih kecil bukan ? Jika komputer anda matikan dan ketika hidup icon kembali menjadi besar berarti ada yang salah dengan driver vga anda. Cara lain lebih praktis yang biasanya digunakan pada komputer PC untuk memperkecil ukuran icon adalah dengan menekan tombol CTRL pada keyboard tahan dan jalankan scroll mouse. Selamat Belajar


EmoticonEmoticon