Selasa, 25 Juli 2017

Tata Cara Mengoperasikan Komputer Yang Benar

Jika anda seorang pemula yang baru mengenal namanya komputer pasti cuma sedikit pengetahuannya bagaimana cara mengoperasikan komputer bukan ? Kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengoperasikan komputer. Paling yang kalian ketahui adalah sebatas menghidupkan dan mematikannya saja. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Banyak hal yang harus kalian pelajari yang nantinya memiliki manfaat buat kalian juga ketahanan komputer yang kalian gunakan.

Tata Cara Mengoperasikan Komputer Yang Benar
Getty image pixabay.com

Jenis komputer sendiri banyak macam jenisnya, ada yang biasa disebut komputer dekstop/Komputer PC, Laptop dan Notebook. Pada dasarnya jenis komputer tersebut memiliki kegunaan dan manfaat yang sama. 

Cara Mengoperasikan Komputer

Untuk mengoperasikan komputer dengan benar, ada baiknya kalian mengetahui apa yang yang dinamakan Shutdown, Restart dan Log off, Standby, Sleep dan Hibernate yang dikelompokkan dalam suatu Bar Menu ketika akan melakukan perintah Shutdown terdapat menu pilihan apakah kalian  akan melakukan Shutdown, Restart dan lainnya.
  • Shutdown adalah suatu perintah pada sistem yang berfungsi untuk mematikan perangkat komputer. Mengapa harus dilakukan melalui perintah Shutdown ? Pada unti komputer terdapat hadware dan sofware yang akan berjalan jika komputer mulai dihidupkan. Suatu sistem operasi yang sedang berjalan tentunya akan mengalami kegagalan ketika komputer dimatikan secara tiba-tiba. Dan tentunya hal tersebut akan berdampak pada sistem dan perangkat hadware yang akan mengalami kerusakan. Namun jika kalian matikan komputer dengan menggunakan perintah Shutdown maka secara otomatis sistem akan menormalisasi semua perintah yang sedang berjalan dan akan mati dengan aman. Kesimpulannya jangan sekali-kali mematikan komputer melalui tombol on/off, hal tersebut akan membuat sistem dan perangkat dalamnya mengalami kegagalan sistem dan bisa merusak hadware. 
  • Restart adalah suatu perintah yang terdapat dalam sistem untuk melakukan menghidupkan ulang komputer. Biasanya hal ini dilakukan oleh beberapa faktor seperti melakukan instal program, instal driver yang mengharuskan komputer melakukan restart. Ada juga dikarenakan komputer hang dan tiada jalan lain selain merestartnya.
  • Log Off adalah merupakan kumpulan beberapa pengguna/user dalam satu unit komputer. Contohnya saja dalam satu komputer terdapat 3 orang yang menggunakan, maka dibuatlah user name 3 orang yang biasanya menggunakan password. Ketika user lainnya akan menggunaka maka kalian tidak perlu melakukan restart namun cukup menggunakan log off. 
  • Sleep adalah suatu perintah untuk melakukan komputer tertidur sementara waktu. Ketika dalam posisi sleep layar komputer akan mati namun sistem tetap berjalan dengan menggunakan sumber daya yang sangat kecil. Ketika anda tekan tombol apa saja maka dengan cepat akan hidup kembali karena semua aktifitas di simpan dalam RAM. Perintah Sleep akan berjalan jika dalam laptop tersebut masih terdapat sumber daya baterai dan ketika baterai akan habis maka akan dialihkan ke mode Hibernate State dalam pengertian semua aktifitas dalam memori/RAM akan melakukan copy ke dalam harddisk. 
  • Standby adalah suatu perintah dalam sistem kepada komputer untuk mematikan komputer untuk sementara waktu. Pengertian lainnya standby ibarat anda lakukan melakukan pause. Contohnya anda sedang menonton film kemudian anda harus melakukan sesuatu dan kemudian anda melakukan mode Standby agar bisa dilanjutkan nantinya.

Tips lainnya jika anda menggunakan laptop dalam kurun waktu yang relatif lama, maka berikan kipas dibawah laptop agar tidak menjadi lebih panas. Jika anda menggunakan komputer PC sebaiknya gunakan seperlunya saja karena Komputer Dekstop/PC lebih banyak menghabiskan daya sumber listrik anda.


Hidupkan komputer melalui tombol on/of dan lakukan shutdown jika akan mematikannya. Balikkan keyboard setelah menggunakan komputer agar tidak terkena debu, kotoran atau aman bila ada air tertumpah. Cabut power pada stop kontak anda untuk menghindari dari ancaman petir. Itulah beberapa tips bagaimana seharusnya mengoperasikan komputer dengan benar. Semoga Bermanfaat


    EmoticonEmoticon