Rabu, 19 Juli 2017

Cara Membuat Bootable Windows 7/8 Menggunakan Rufus

Tags

Ada banyak cara untuk membuat bootable bisa dilakukan pada sistem operasi sendiri atau menggunakan tools seperti Rufus. Pengertian bootable sendiri adalah suatu sistem yang dibuat untuk melakukan first boot yang ditempatkan pada suatu media seperti Flashdisk, CD/DVD, Memori Card atau hardisk. Biasanya bootable dibuat untuk melakukan instalasi operating sistem seperti windows, linux dan lainnya.

Proses booting sendiri akan berjalan jika dilakukan pengaturan pada bios komputer. Proses Booting dalam bios biasanya ada beberapa pilihan seperti hardisk, CD/DVD, Legacy/Flashdisk, jika anda setting pengaturan awal ke Hardisk maka pertama kali anda hidupkan komputer secara otomatis akan membaca hardisk, jika dalam hardisk tidak terdapat sistem maka akan dialihkan ke opsi lainnya.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Untuk melakukan instal sistem operasi windows menggunakan flashdisk maka firsboot pertama harus anda pilih pada Legacy. Sesuai judul artikel diatas adalah bagaimana cara membuat bootable untuk windows 7/8 menggunakan sofware rufus.
  1. Siapkan flashdisk yang mempunyai kapasitas minimal 4 gb
  2. Siapkan ISO Windows 7/8 yang akan gunakan misalnya windows 7 anda bisa download pada halaman pengembang Microsoft lansung jika sudah mempunyai serial number windows original. Jika tidak anda bisa download versi trial melalui pencarian google.
  3. Kemudian siapkan program Rufus, jika belum punya bisa anda download gratis pada halaman pengembang Sofware Rufus.
Jika sudah anda persiapkan semua kemudian jalan sofware rufus, akan muncul kotak dialog seperti penampakan dibawah ini :

Cara Membuat Bootable Windows 7/8 Menggunakan Rufus

Keterangan :
  1. Perangkat USB yang anda gunakan. (akan otomatis terdeteksi saat flashdisk anda tancapkan pada komputer)
  2. Menentukan partisi (biarkan default)
  3. Pilihan format apakah NTFS atau Fat 32 (pilih NTFS)
  4. Cari File ISO Windows pada komputer anda.
  5. Star/Mulai untuk melakukan proses instalasi  (Siapkan kopi sambil menunggu proses pembuatan bootable selesai).
Nah itulah bagaimana cara membuat bootable menggunakan rufus, jika ada hal yang akan ditanyakan atau kurang jelas silahkan di kolom komentar atau email.  


EmoticonEmoticon