Jumat, 14 Juli 2017

Fungsi dan Jenis Motherboard Komputer

Fungsi dan Jenis Motherboard Komputer


Motherboard pada komputer memiliki fungsi sebagai papan induk untuk menempatkan perangkat keras lainnya yang ditempatkan dalam sebuah unit komputer. Jika kita merakit sebuah unit komputer maka yang di perlukan adalah salah satunya motherboard. Selain motherboard juga terdapat perangkat keras lainnya yang perlu rangkai/disatukan dengan motherboard seperti processor, kartu grafis, memori, hardisk, keyboard, mouse, power supply dan layar monitor yang kesemuanya itu tersambung dengan motherboard. 

Peranan motherboard sendiri sangat penting dalam meningkatkan performa komputer dan tidak sembarangan dalam menentukan jenis motherboard. Motherboard sendiri memiliki spesifikasi dimana tidak sembarangan perangkat pendukung lainnya bisa support pada Motherboard tersebut.

Motherboard sendiri memiliki nama lain seperti Mainboard atau Mobo. Motherboard dibuat sejenis Printed Circuit Board (PCB) yang merupakan sebuah komponen standarisasi dalam sistem media elektronika. 

Jenis Motherboard Komputer

Terdapat banyak jenis Motherboard yang bisa anda ketahui disini. Jenis Motherboard yang ada pada jaman dahulu dengan yang sekarang sangat jauh sekali perbedaannya. Pada Motherboard jaman dahulu komponen yang disematkan mempunyai ukuran yang besar. Berbeda dengan Motherboard sekarang ini hampir semua komponen elektronik didalamnya hampir tidak terlihat secara kasat mata. Berikut beberapa jenis Motherboard :
  • Motherboard AT / AT Baby adalah Motherboard jenis AT pada jaman dahulu. Dikembangkan oleh IBM untuk mendukung Processor Pentium 2 pada era tahun 1991. Karena produk baru pada saat itu kekurangan Motherboard jenis AT seringan mengalami panas dan tidak kompatibel dengan perangkat keras lainnya. 
  • Motherboard ATX adalah jenis Motherboard yang sampai saat ini digunakan. Jenis ATX dibuat untuk menggantikan jenis Motherboard sebelumnya yaitu AT/AT Baby. ATX sendiri singkatan dari Advanced Technology Extended.
Seiring perkembangan jaman, maka Motherboard jenis ATX ini dilakukan pengembangan dari segi ukuran. Hal ini dibuat untuk menyesuaikan dengan jenis komputer. Namun Motherboard jenis ATK mempunyai standarisasi ukuran 305 mm dengan lebar 244 mm. Nah sekarang jamannya Mini PC dimana Motherboard ini mempunyai nama Micro ATX yang biasanya digunakan dalam laptop dan Mini ITX untuk mini PC.


EmoticonEmoticon