Jumat, 14 Juli 2017

Pengertian dan Jenis Processor Komputer

Pengertian dan Jenis Processor Komputer

Pengertian Processor adalah sebuah komponen elektronik sebagai pusat kendali pada perangkat komputer. Processor sendiri mempunyai nama lain yang disebut Central Processing Unit (CPU). Dari namanya saja bisa kita ketahui bahwa Processor mempunyai peranan atau fungsi sangat penting untuk menjalankan semua proses data di dalam sistem komputer. Jika dikategorikan sebagai manusia, Processor adalah otaknya komputer.

Jika otak manusia berada di daerah kepala, tapi Processor pada komputer di sematkan pada sebuah komponen perangkat keras yang bernama Motherboard/Mainboard. Letaknya sendiri sangat mudah ditemukan yaitu dibawah kipas pendingin. Mengapa harus menggunakan kipas pendingin ? Karena Processor tidak pernah berhenti bekerja, ia berjalan secara terus menerus dan akibatnya menimbulkan panas. Nah jika tidak ada kipas maka Processor bisa mengalami "over heat" atau panas berlebih yang akhirnya bisa terbakar.

Jenis Processor Komputer

Dari semua perangkat pendukung untuk membuat unit komputer processor lah yang mempunyai harga yang lumayan mahal. Jenis Processor sendiri banyak macamnya, namun yang sangat terkenal dan bersaing saat ini adalah Processor Intel Pentium dan AMD. Berikut beberapa perusahaan terkenal pembuat Processor :
  1. Processor Intel
  2. Processor Apple
  3. Processor AMD
  4. Processor IBM
  5. Processor Cyrix VIA
  6. Processor IDT

Perkembangan Processor 


Perkembangan Processor komputer sendiri sangat signifikan dari tahun ke tahun. Processor sendiri dikembangkan oleh Intel Corporation pada tahun 1968. Pada tahun awal 1993 perkembangan Processor semakin menuju hasil yang terbaik hampir setiap tahunnya terdapat varian baru yang diluncurkan setiap tahunnya. 

Ada 2 (dua) vendor yang terkenal dalam perkembangan untuk membuat Processor yaitu Intel dan AMD.  Masing-masing Processor memiliki kelebihannya, seperti AMD memiliki kelebihan untuk bermain game dimana mempunyai performa yang sangat baik. Sedangkan intel sendiri mempunyai daya tahan yang sangat baik dan lebih terkenal.


EmoticonEmoticon