Jumat, 14 Juli 2017

Fungsi dan Jenis Harddisk Komputer

Tags

Fungsi Harddisk Komputer

Harddisk memiliki fungsi sebagai media penyimpanan pada sebuah perangkat komputer. Jenis harddisk pada komputer sendiri ada banyak beberapa tipe. harddisk sendiri dikategorikan sebagai perangkat keras (hadware). Sebagai media penyimpanan tentunya harddisk mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem komputer dimana data yang terdapat dalam harddisk adalah sebagai salah satu untuk berjalannya suatu sistem. 

Fungsi dan Jenis Harddisk Komputer

Harddisk bisa digunakan dalam perangkat komputer PC maupun Laptop dan Notebook. Perkembangan teknologi harddisk juga semakin maju baik dalam segi kecepatan dalam menstranfer data dan besar kapasitas ruang yang dimiliki.

Jenis Interface dan Tipe Harddisk Komputer

Ada beberapa jenis harddisk yang bisa anda ketahui. Sebagai "storage device" hardisk terdiri 2 (dua) tipe yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal. Berikut tipe harddisk seiring dengan perkembangan jaman :
  • Advanced Technology Attachment (ATA) adalah merupakan harddisk interface yang sampai sekarang ini masih populer. Dalam soal transfer data harddisk ATA menggunakan teknologi transfers secara paralel dimana data yang dikirim bisa secara bersama-sama. Berapakah kecepatan data pada harddisk ATA ini ? Dalam soal tranfers data ATA memiliki kecepatan sebesar 100 mega byte/detik.
Namun karena tingginya perkembangan teknologi kini harddisk jenis ATA mulai di tinggalkan namun keberadaannya masih banyak beredar dipasaran.

  • Jenis Kabel Serial ATA (SATA) merupakan interface harddisk yang menggunakan teknologi serial dimana daya yang terkirim akan berurutan dengan sistem paket bit data. Kelebihan dari harddisk SATA ini adalah lebih cepat dari harddisk ATA. Jika anda menggunakan SATA1 akan memiliki transfer sebesar 150 MB/detik, SATA2 300 MB/detik dan SATA3 600 MB/detik. Sata sendiri bersifat hot plug dimana anda dapat mencabutnya ketika komputer dalam keadaan menyala. Selain itu Kabel SATA memiliki kelebihan lainnya yaitu hanya membutuhkan daya 0.25 volt saja.
Perangkat SATA 1 bisa dipasang di SATA 2 maupun sebaliknya. Tapi tentunya dapat mengurangi kecepatan. Jika  harddisk yang anda gunakan Sata 2 sedangkan Mainboard Sata 1 standar kecepatan yang di gunakan adalah Sata 1.
  • Small Computer System Interface (SCSI) Merupakan interface hardisk yang biasanya digunakan pada Komputer Server. SCSI masih menggunakan teknologi parallel, tetapi lebih cepat dan efisien dibandingkan ATA. SCSI mempunyai beberapa jenis seperti SCSI ultra 160 (transfer rate 160 MB/s)dan SCSI Ultra 320 (transfer rate 320 MB/s). SCSI juga mempunyai 2 macam konektor, yaitu SCSI 68 pin (paling sering digunakan) dan 80 pin single connector attacment (SCA). Saat ini teknologi SCSI mulai digantikan dengan Serial Attached SCSI (SAS)
  • Serial Attached SCSI (SAS) adalah kabel interface yang menggabungkan feature SCSI dan Serial ATA. SAS menggunakan port konektor mirip SATA dan transfer rate yang mempunyai kelebihan maksimal dalam urusan transfer data rate.

SAS sendiri telah memiliki domain juga ID khusus dengan nama Word Wide Name (WWN) yang mempunyai sifat unik dapat dikenali lewat network atau internet (mirip dengan MAC Address pada LAN Card).
Keberadaan harddisk internal pun semakin banyak dan menawarkan kecepatan serta ruang kapasitas sampai ukuran Terabyte.  Sebagai media penyimpanan tentunya kita harus pintar merawatnya karena didalam terdapat data privasi.


EmoticonEmoticon