Minggu, 16 Juli 2017

Cara Konfigurasi Ulang IP Address Komputer

Tags

Penyebab Komputer Tidak Terkoneksi Internet

Internet salah satu sarana media informasi yang sekarang ini lebih cepat dalam memberikan suatu berita atau pengetahuan bagi penggunannya. Selain daripada itu dalam dunia komputer dan internet ada yang namanya Internet Protocol Addres yang berfungsi sebagai alamat untuk meng-indetifikasi setiap komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet maupun jaringan lokal.

Penyebab dan Cara Konfigurasi Ulang IP Address Komputer

Salah satu penyebab suatu jaringan tidak terkoneksi internet yang paling sering terjadi adalah karena IP Address yang anda gunakan mengalami konflik pada sistem atau bisa jadi telah di blokir oleh suatu layanan jaringan tertentu. Hal yang sepele dan tidak pernah kita sadari adalah kemungkinan kuota sudah habis jika menggunakan modem atau terkoneksi dengan smartphone dengan menggunakan tethering hotspot.

Mengatasi IP Address yang konflik tentunya bagi yang gaptek komputer adalah sesuatu yang sulit dilakukan untuk memperbaikinya. Jika IP Address sudah mengalami konflik tidak ada yang bisa anda lakukan selain merefresh kembali komputer anda. Karena anda tidak mungkin bisa terkoneksi jaringan internet jika masalah IP Addres belum diperbaiki.

Salah satu tanda IP Addres anda mengalami masalah adalah terdapat keterangan "no internet acces" walaupun statusnya tersambung. Kemungkinan anda sering merubah alamat IP Addres yang dapat menyebabkan suatu jaringan terjadi "conflict".

Cara Reset/Konfigurasi Ulang IP Addres

Untuk mempermudah cara konfigurasi ulang IP Addres disini admin akan berbagi dengan kalian bagaimana melakukan reset ulang IP Addres pada komputer sebagai berikut :
  • Cara pertama adalah dengan menggunakan perintah "cmd" pada menu run dengan hak administrator yang kemudian anda ketik "netsh int ip resert", maka secara otomatis IP Addres kembali pada setelan awal. Kemudian restart komputer anda.
  • Jika cara pertama tidak bisa anda lakukan atau mengalami kegagalan terdapat cara kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi yang berasal dari microsoft sendiri. Walaupun ukuran filenya kecil tapi cukup ampuh untuk mereset IP Address komputer anda. Silahkan anda dowload terlebih dahulu menuju link Microsoft Fix it.
  • Setelah anda download kemudian jalankan program reset ip tersebut dan komputer pun bisa terkoneksi ke jaringan internet.

Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet

Setelah komputer anda kembali terkoneksi dengan internet ada baiknya anda menggunakan Microsoft Defender Essential bagi pengguna windows original ini cukup bagus untuk menjaga keamanan komputer dari serangan apapun.


EmoticonEmoticon