Minggu, 16 Juli 2017

Cara Memilih Anti Virus Terbaik Untuk Komputer

Banyaknya berbagai jenis virus yang bertebaran di Internet maupun didalam perangkat penyimpanan seperti Flashdisk, maka anda harus mulai memilih serta menentukan anti virus mana yang terbaik untuk keamanan komputer anda. Selain menggunakan sistem yang original juga diperlukan keamanan lainnya seperti anti virus. Saya sendiri pernah merasakan bagaimana rasanya kehilangan data penting dan dengan hal tersebut saya tidak ingin kehilangan data penting untuk kedua kalinya.

Cara Memilih Anti Virus Terbaik Untuk Komputer
image by pixabay.com

Darimana Virus berasal ?

Jika dilihat secara logika dimana ada virus disitu pasti ada penawarnya. Paham kan maksud saya ! Virus sendiri dibuat untuk melakukan kerusakan pada suatu sistem dan ada yang dibuat untuk melakukan kejahatan dengan mencuri data pengguna komputer yang nantinya akan dipergunakan untuk hal-hal yang sifatnya kriminal.

Virus meng-infeksi komputer bisa melalui internet atau perangkat media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk eksternal dan program yang berbentuk CD/DVD. Aplikasi yang ditunggangi oleh virus juga dapat merusak sistem registry yang berakibat komputer menjadi tidak optimal. 


Cara Memilih Anti Virus  
Pada umumnya semua program anti virus yang sifatnya original akan mempunyai keamanan yang lebih maksimal dibandingkan dengan versi uji coba (trial). Ketika komputer terhubung dengan internet otomatis anti virus akan melakukan update secara otomatis kepada komputer anda. Ketika anti virus melakukan update dikarenakan terdapat virus baru yang beredar di internet. Misalnya saja ketika anda membeli anti virus ketika dilakukan instalasi pada komputer hanya mendeteksi virus A sampai D, tidak lama kemudian terdapat jenis virus misalnya E, maka sudah barang tentu virus tersebut tidak bisa di netralisir oleh anti virus yang baru saja anda gunakan. Maka dengan hal tersebut mengapa harus dilakukan update otomatis. Berikut cara memilih kriteria anti virus yang terbaik untuk komputer :

  • Anti Virus yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi sejenis malware tentunya harus anda pertimbangkan untuk menggunakannya, karena virus jenis ini benar-benar telah membuat heboh dalam dunia internet dan perbankan.
  • Pastikan anti virus yang anda beli benar-benar asli dan memiliki garansi.
  • Lakukan cek and ricek terlebih dahulu apakah jenis anti virus yang akan anda gunakan menjadi top rangking. (anda bisa melakukan googling di penelusuran google).
  • Baca fitur-fitur yang di miliki anti virus tersebut apakah  menggunakan anti spam yang include dengan keamanan untuk email.
Dari beberapa kriteria diatas, sebenarnya semua anti virus sudah memiliki fitur-fitur yang lengkap. Namun pilihlah anti virus yang tidak memberatkan komputer seperti kasperky Lab atau Panda Titanium. Jika anda menggunakan windows versi original seperti saya tidak perlu menggunakan anti virus lagi karena sudah terdapat Microsoft Defender Essential yang berguna untuk memonitor apakah web/blog, aplikasi yang anda download aman. Jika tidak aman secara otomatis komputer tidak akan melakukan proses download.

Selain anti virus anda juga harus membeli anti virus yang khusus internet security, karena kedua anti virus ini berbeda fungsinya. Yang khusus internet security berfungsi untuk mengamankan data perbankan anda jika anda selalu melakukan transaksi perbankan melalui internet.


EmoticonEmoticon