Senin, 17 Juli 2017

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer

Tags

Pengertian Jaringan Komputer

Keberadaan jaringan komputer menurut ilmu pengetahuan adalah sebuah jaringan telekomunikasi pada sejumlah perangkat komputer untuk melakukan komunikasi dan pertukaran data. Pada setiap perangkat komputer terkoneksi dengan sebuah komputer utama yang disebut sebagai server. Fungsi dari komputer sendiri untuk melayani perangkat komputer yang disebut client. Jenis Koneksi yang digunakan pada sebuah jaringan komputer bisa berbentul lokal  maupun nirkabel.

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer

Jaringan lokal sendiri disebut lokal area network di mana server utama dan client berada pada suatu tempat yang sama. Perangkat pendukung yang dipergunakan untuk membuat suatu jaringan adalah seperti HUB, Bridge, Swicth, Router dan Gateaway.  Berikut ulasan jenis-jenis jaringan pada komputer yang harus anda ketahui :


Personal Area Network (PAN)

Pengertian Jaringan "Personal Area Network" adalah suatu jaringan yang berada pada lokasi seperti rumah yang terhubung dengan antar perangkat  yang terkoneksi dengan sebuah jaringan. Perangkat yang terhubung hanya sebatas untuk keperluan keluarga/pribadi. Dimana suatu jaringan internet yang menggunakan Wifi dan dihubungkan dengan beberapa perangkat seperti Smartphone. Pengontrolan jaringan PAN dilakukan menggunakan otoritas pribadi. Pendukung untuk membuat jaringan PAN adalah seperti Wifi, Bluetoot, Infrared. Jaringan PAN sendiri dapat ditingkat menjadi ketingkat yang lebih tinggi. Sebuah jaringan nirkabel yang terhubung dengan internet.

Local Area Network (LAN)

Pengertian jaringan LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara komputer server dan client. Pada jaringan LAN terdapat konfigurasi tertentu misalnya dalam satu perangkat komputer memiliki identitas IP Adress yang berbeda. Hal tersebut untuk memonitor jika terjadinya gagal koneksi. Jaringan LAN banyak dipergunkan untuk kantor dan pabrik untuk sarana pertukaran data dengan cara sharing server. Kelebihan utama pada jaringan LAN sendiri adalah kecepatan dalam pertukaran data relatif stabil. Melakukan pencetakan (print) bisa dilakukan pada perangkat client yang kemudian hasil pencetakan keluar pada mesin pencetakan (printer) yang berada pada server komputer.

Jaringan LAN dapat ditingkat menjadi sebuah jaringan yang terkoneksi dengan internet melalui komputer server terlebih dahulu yang kemudian akan di koneksikan dengan computer client. Konfigurasi dilakukan pada komputer server sedangkan client hanya menerima koneksi internet saja melalui komputer server. Namun tidak dapat dipungkiri karena pertukaran data pada jaringan LAN sering terinfeksi virus jika terdapat salah satu komputer yang terinfeksi virus. 

Metropolitan Area Network

Pengertian jaringan Metropolitan Area Network (MAN) adalah sebuah koneksi jaringan yang memiliki jangkauan lebih luas dari jaringan LAN. Area yang difasilitasi dengan jaringan MAN ini bisa mencakup antar gedung perkantoran dan lebih luasnya lagi dalam satu kota terhubung dengan jaringan MAN. Koneksi yang real time jaringan MAN memungkinkan bisa dipergunakan untuk Asynchronous Transfer Mode (ATM), SMDS maupun FDDI.  Jaringan MAN juga bisa dihubungkan dengan jaringan TV kabel dan dapat diperluas.

Wide Area Network (WAN)

Pengertian jaringan yang disebut Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang mencangkup area lebih luas lagi. Jaringan WAN bisa menjangkau koneksi pertukaran data antar kota dan bisa diperluas antar pulau bahkan antar benua. Keberadaan jaringan MAN dalam ilmu pengetahuan bidang teknologi tentunya mempunyai fungsi yang sangat luas. Dimana dalam suatu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya melalui sebuah jaringan yang sekarang kita kenal dengan Internet. Dengan internet anda bisa melakukan pertukaran data secara cepat, melakukan video call, chatting dan mendapatkan informasi secara realtime.

Keberadaan jenis jaringan diatas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan suatu perkembangan jaman khususnya teknologi semakin meningkat. Suatu jaringan yang dipergunakan dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan lebih cepat dan pertukaran data bisa dilakukan kapan saja.


EmoticonEmoticon