Sabtu, 15 Juli 2017

Waduh Processor Komputer Panas Gimana Yah Cara Mengatasinya

Penyebab Processor Menjadi Panas

Sebelum mengatasi processor komputer yang kepanasan, sebaiknya anda mencari penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apa yang terjadi jika processor mengalami over heat alias panas berlebih ? tentu saja komputer tidak akan berjalan secara maksimal alias lemot. Hal fatal lainnya processor bisa terbakar dan akhirnya matot alias mati total. 

Waduh Processor Komputer Panas Gimana Yah Cara Mengatasinya

Penyebab lainnya yang mengakibatkan processor panas karena penggunaan komputer yang berlebihan (tidak ingat waktu) biasanya hal tersebut digunakan untuk bermain game. Sama halnya dengan manusia jika ketika belajar kadang otak menjadi panas dan butuh penyegaran seperti istirahat. Ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara/pengap juga salah satu penyebab processor over heating.

Cara Mengatasi Processor Panas

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mendinginkan processor. Hal ini sangat diperlukan karena anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menggantinya. Berikut ulasannya :
  1. Posisikan komputer anda pada tempat yang tepat, bisa dekat jendela atau dekat pintu. Hal ini berfungsi untuk agar sirkulasi udara panas yang dihasilkan dapat di netralisir.
  2. Gunakan thermalpaste yang berbentuk odol khusus processor. Anda bisa membelinya di toko komputer. Cari thermalpaste yang bagus dan harganya sedikit mahal agar kualitas pendinginannya lebih baik. Caranya buka kipas yang processor kemudian tempelkan pada bagian atas processor.
  3. Beri Tambahan kipas dibelakan casing untuk udara masuk dan kipas untuk udara panas keluar.
  4. Solusi ini sedikit gokil emang tapi ini sering saya lakukan setelah ketiga solusi diatas saya terapkan. Buka penutup casing kanan kiri dan jangan dipasang lagi. Tapi anda harus pastikan tempat komputer anda bebas dari bocor air hujan dan hal lainnya yang dapat merusak isi bagian dalam komputer.   

Jika anda menggunakan laptop dan notebook jika penggunaannya relatif lama bisa menimbulkan panas yang berasal dari processor. Cara mengatasinya adalah dengan menempatkan kipas pendingin khusus untuk laptop dibawahnya. Banyak dijual di toko komputer. 


EmoticonEmoticon