Senin, 17 Juli 2017

Cara Ampuh Hemat Kuota Data Internet

Tags

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat maka dalam dunia internet kita akan selalu membutuhkan untuk mendukung fasilitas tersebut yang namanya kuota data. Jaringan internet yang bisa digunakan sampai sekarang ini 2G, 3G dan yang lebih cepat sekarang ini 4G dan akan menyusul 5G. Berbicara masalah kuota data jaringan mana yang lebih boros kuota ? Tentu saja jaringan 4G. Dengan jaringan 4G anda bisa menonton video atau streaming namun dibutuhkan kuota yang besar untuk menjalankannya. 


Cara Ampuh Hemat Kuota Data Internet supaya tidak boros
Cara Hemat Kuota Data Internet (image by pixabay.com)

Namun bagi kita tidak semua bisa merasakan semua itu, diperlukan penghematan kuota agar anda masih bisa melakukan browsing, chating dan lain sebagainya. Paling sebel bukan di saat penting koneksi internet anda terputus gara-gara kuota data habis. Kembali kepada anda sendiri bagaimana cara me-manage nya. Berikut tips cara menghemat kuota data internet agar kantong aja tidak bocor hehe :


 1. Sesuaikan Paket Data Dengan Penggunaan.


  • Jika anda aktif di sosial media maka yang harus anda gunakan adalah paket yang khusus diperuntukkan untuk sosial media. Biasanya para operator layanan menawarkan paket tersebut.

2. Aktifkan Kuota Data Seperlunya

  • Untuk menghemat kuota anda bisa menonaktfikan jaringan internet dan hidupkan kembali saat diperlukan. Walaupun tidak anda gunakan kuota tetap berjalan dan akan habis setiap saat.

3. Matikan Fitur Otomatis

  • Ada baiknya untuk menghemat kuota data internet anda matikan fitur otomatis seperti pembaruan otomatis, auto sync dan lainnya.

4. Memanfaatkan Jaringan Wifi

  • Jika pada area anda yang menggunakan koneksi wifi sebaiknya anda gunakan jaringan tersebut. Anda bisa membayarnya secara bulanan. Atau jika didalam kantor maupun di tempat perbelanjaan yang menyediakan jaringan wifi gratis.

5. Gunakan 2 Kartu

  • Jika smartphone anda menggunakan 2 kartu sebaiknya lakukan pengaturan agar salah satunya untuk koneksi internet dan satu lagi untuk melakukan panggilan.

Dari beberapa hal diatas maka pemakaian kuota internet anda menjadi lebih irit dan hemat. Yang lebih baik lagi memaksimalkan pemakaian wifi karena hampir semua diperkotaan terdapat jaringan wifi yang disediakan secara gratis baik oleh pemerintah maupun pusat perbelanjaan. Memang teknologi sekarang ini perkembanganya sangat pesat, tapi jangan menjadikan anda melakukan pemborosan. Kembali kepada anda bagaimana harus menyikapinya.


EmoticonEmoticon