Senin, 17 Juli 2017

Paket Internet Cepat Tapi Kok Lelet ? Ini Alasannya

Tags

Banyak sekali provider yang menawarkan paket internet cepat dengan embel-embel super cepat lagi. Tapi kenyataannya ternyata ketika melakukan browsing selalu lelet. Memang bisa saja mereka menawarkan produk tersebut. Namun anda harus bijak untuk menilainya. Jika anda bertempat tinggal di lingkungan perkotaan mungkin iklan produk tersebut masuk di akal tapi bagaimana yang tinggal di pedesaan ? mereka hanya mengetahui jenis iklannya saja tanpa berpikir bahwa di daerahnya tidak mendukung paket yang ditawarkan.

Paket Internet Cepat Tapi Kok Lelet ? Ini Alasannya
Mengapa jaringan internet menjadi lelet (image by pixabay.com)

Ada beberapa jenis jaringan internet yang saat ini berkembang sesuai perkembangan teknologi dalam internet mulai dari 2G, 3G, 4G dan 5G akan menyusul selanjutnya. Untuk mendapat jaringan yang maksimal tentunya daerah perkotaan lebih baik daripada di pedesaaan.

Mengapa Jaringan Indonesia Termasuk Lelet

Ada beberapa hal yang membuat jaringan internet di indonesia lelet. Jika di Negara maju anda tidak akan menjumpai lagi yang namanya internet lemot, lelet, lola atau loading terus. Jika sudah berhubungan dengan lemot alias lelet tentunya yang anda salahkan provider bukan ? paling jalan keluarnya cuma satu yaitu ganti provider penyedia layanan internet. Berikut mengapa jaringan Internet di Indonesia yang termasuk lelet :
  • Jaringan internet Indonesia secara global belum memiliki atau terhubung dengan koneksi jaringan Internasional. Jika anda menggunakan sosial media atau melakukan browsing maka koneksi tersebut tidak berada di Indonesia melainkan melalui server utama yang berada di negara lain seperti Amerika dan Singapura. 
  • Pengguna Indonesia adalah negara terbanyak yang menggunakan internet pada urutan ke tujuh saat ini. Maka dengan hal tersebut jangan kaget jika sambungan menjadi lelet ditambah lagi penggunanya bukan anda saja, jutaan orang indonesia menggunakannya. Bayangkan saja dalam satu rumah (jaringan) dimasuki jutaan orang bisa anda bayangkan bukan antriannya.  
  • Untuk membuat sarana dan prasarana sebuah jaringan internet seperti di Negara lain tergolong membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan butuh investasi yang besar.
  • Persaingan antara provider sangat ketat, dengan menawarkan beberapa produk yang murah membuat pengguna internet semakin banyak dan bertambah, namun provider sendiri tidak melakukan dukungan seperti sarana dan prasarana untuk mendukung produknya.
  • Geografi di Indonesia terdiri dari ribuan pulau dan banyaknya dataran tinggi yang menghalangi tower-tower pemancar untuk mendukung jaringan internet yang cepat.
Untuk mengatasi internet yang lelet terdapat artikel yang berhubungan dengan yang nama bagaimana cara mempercepat koneksi internet.

Jadi sekarang anda tahu bukan mengapa internet di Indonesia dalam kategori lelet alias lemot. Namun anda jangan khawatir pemerintah pasti tidak tinggal diam untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan yang namanya lelet. 


EmoticonEmoticon