Rabu, 19 Juli 2017

Faktor Penyebab Komputer Mati Sendiri

Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer tiba-tiba saja mati sendiri. Selain mati sendiri ada pula yang merestart sendiri tanpa melalui proses perintah apapun. Jika perangkat komputer sudah mempunyai gejala seperti ini, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan seorang teknisi komputer. Namun anda harus hati-hati juga dalam melakukannya. Jika sudah mentok baru anda panggil teknisi khusus komputer.
Faktor Penyebab Komputer Mati Sendiri
Getty image by pixabay.com

Jika tidak dilakukan perbaikan maka akan timbul kerusakan pada sistem operasi atau kerusakan hadware lainnya terutama pada hardisk. Komputer yang sering mati dan restart sendiri akan menjadi penyebab hardisk terkena bad sector. Baca artikel sebelumnya tentang bagaimana mengatasi bad sector pada hardisk.


Penyebab Komputer Mati/Restart Sendiri

  1. OS Windows yang anda gunakan telah terinfeksi virus sering menyebabkan komputer melakukan restart sendiri. 
  2. Pada komputer PC maupun laptop terdapat Kipas yang berfungsi untuk mendinginkan processor, jika kipas mati masalah yang timbul komputer pasti panas dan mati/restart sendiri.
  3. Adanya perangkat keras (hadware) yang mengalami kerusakan. Yang sering menjadi penyebab mati sendiri salah satunya motherboard.
  4. Power supply yang tidak mengalirkan sumber daya yang cukup kepada motherboard mengalami penurunan sumber daya (output).
Dari 4 kriteria penyebab komputer mati sendiri adalah yang sering admin alami ketika melakukan perbaikan pada komputer pelanggan maupun komputer sendiri. Untuk mengatasinya yang pertama anda lakukan adalah update anti virus dan lakukan scanning, kemudian melakukan pembersihan pada hadware seperti mencopot VGA Card, Memori Power Supply kemudian lakukan pembersihan pada motherboard dengan menggunakan 4 WD pada setiap slot. 

Setelah semua anda bersihkan pastikan putaran processor dalam keadaan normal (kencang), hal lainnya ganti power supply dengan yang baru jika power supply yang anda gunakan memang sudah berumur lama. Jika semua sudah anda lakukan namun masih mengalami hal yang sama, cara terakhir adalah bawa motherboard pada service center, kemungkinan kerusakan pada motherboard dan anda tidak bisa melakukannya sendiri bukan ? Selamat Belajar

1 komentar so far

Kalau laptop saya malah yang sering tidak bisa dimatikan alias macet tombolnya mbak... Ada bunyi mendesis. Apa ini yang disebut hang ya? Tidak hanya laptop, HP juga. Jika sudah begitu jalan satu-satunya langsung saja saya lepas paksa batreinya terus saya pasang lagi hehe


EmoticonEmoticon